Selasa, 28 Desember 2010

PERANAN PEGAWAI NEGERI SIPIL

Kedudukan dan peranan Pegawai Negeri Sipil sebagai unsur aparatur negara yang bertugas sebagai abdi masyarakat, harus menyelenggarakan pelayanan secara adil kepada masyarakat, dengan dilandasi kesetiaan dan ketaatan kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik, maka pembinaan pegawai diarahkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia agar memiliki sikap dan perilaku yang berintikan pengabdian, kejujuran, tanggungjawab, disiplin serta wibawa sehingga dapat memberikan pelayanan sesuai tuntutan perkembangan masyarakat.

Pegawai Negeri Sipil dalam suatu negara sangat penting dan menentukan, karena sebagai pelaksana kebijakan publik dalam mencapai tujuan nasional di negara tersebut. Untuk itu dalam upaya mewujudkan tujuan nasional itu harus ada kerjasama yang baik antara Pemerintah Pusat maupun dengan Pemerintah Daerah dan juga masyarakat. Meskipun program Pemerintah terencana dengan baik tetapi apabila masyarakat tidak mendukung maka tidak akan terjadi pelaksanaan program pemerintah dengan baik.

Dalam rangka melaksanakan pembangunan nasional untuk mewujudkan tujuan nasional, sangat dibutuhkan adanya pegawai negeri sipil yang penuh kesetiaan dan ketaatan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 Negara dan Pemerintah. Untuk mewujudkannya maka Pegawai Negeri Sipil perlu dibina sebaik baiknya untuk kelancaran pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan dalam rangka mewujudkan masyarakat adil makmur berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

Pembinaan, penyempurnaan aparatur pemerintah meliputi peningkatan pengetahuan, kemampuan, peningkatan pengabdian serta upaya menciptakan aparatur pemerintah yang bersih dan berwibawa, kreatif, berdaya guna dan berhasil guna diperlukan adanya kedisiplinan pegawai negeri sipil. Disiplin nasional merupakan disiplin masyarakat dan disiplin individu yang dikembangkan dalam tatanan nasional yang meliputi berbagai aspek kehidupan. Dalam kegiatan instansi pemerintah,unsur manusia yang disebut pegawai adalah sangat penting. Selain dengan disiplin, para pegewai juga dituntut untuk memiliki motivasi yang tinggi terutama dalam hal pekerjaan. Karena pada dasarnya motivasi timbul karena adanya suatu kebutuhan dan karenanya perbuatan tersebut terarah sehingga mencapai tujuan tertentu. Apabila tujuan telah tercapai maka akan tercapai pula kepuasan sehingga lebih kuat.

Berpijak pada uraian diatas, Pegawai Negeri Sipil tidak hanya dituntut kehadiran di kantor saja, melainkan juga dituntut untuk mempunyai dedikasi yang tinggi, semangat dan kedisiplinan yang tinggi dalam melaksanakan tugas. Pegawai Negeri Sipil yang berkualitas menjadi salah satu tolak ukur bagi terselenggaranya pelaksanaan tugas yang baik sehingga efektifitas organisasi pemerintahan dapat terwujud.

3 komentar: